PDF FILE

PDF FILE
Free Download

Rabu, 13 April 2011

Download PDF Jurnal "Sampling Kerja"

WORK SAMPLING
STUDI KASUS PEKERJAAN BERTENDER PADA SEBUAH CAFE


Dalam melakukan analisis terhadap suatu sistem kerja, maka akan timbul sejumlah alternatif metode kerja. Alternatif yang digunakan haruslah merupakan alternatif terbaik yang didasari pada sejumlah kriteria yaitu waktu, ongkos, bebas fisiologis, dan lain sebagainya. Waktu merupakan salah satu kriteria yang paling sering digunakan sebab kriteria ini memiliki sejumlah kelebihan dibandingkan dengan kriteria lainnya.
Setelah proses pemilihan alternatif perancangan dan perbaikan sistem kerja dilakukan, tahap berikutnya adalah melakukan pembakuan kerja. Pembakuan kerja ini meliputi pembakuan waktu yang diperlukan seseorang pekerja dalam melaksanakan pekerjaannya. Hal ini sering juga disebut sebagai waktu baku kerja.
Pada suatu kegiatan manufaktur, maka waktu baku dapat berupa waktu standar yang dibutuhkan seorang operator mesin bubut untuk melaksanakan pembuatan sebuah komponen tertentu.
Proses pengukuran dan pembakuan waktu dapat menggunakan beberapa macam cara, yaitu menggunakan stopwatch, data waktu baku, data waktu gerakan serta sampling pekerjaan atau work sampling.
Setiap cara pengukuran sistem kerja memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sedangkan penggunaan berbagai macam cara di atas, sangat bergantung pula pada kemampuan analis melakukan pengukuran dan pembakuan sistem kerja.
Pembakuan sistem kerja tidak dapat dilepaskan dari dua aspek, yaitu pemberian penyesuaian dan kelonggaran. Penyesuaian diberikan berkenaan dengan tingkat kecepatan kerja yang dilakukan pekerja dalam melakukan pekerjaannya, sedangkan kelonggaran diberikan berkaitan dengan adanya sejumlah kebutuhan diluar kerja, yang terjadi selama pekerjaan berlangsung. Download PDF File Click Disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar